Minggu, 05 November 2017

Beberapa Contoh Iklan beserta Analisisnya

Nama : Bunga Haryani Farida
Kelas : 4EB02
NPM : 2C214968

Pengertian Iklan
    Iklan adalah suatu pesan komunikasi persuasif yang bertujuan untuk menginformasikan, mempromosikan dan membujuk khalayak banyak agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan atau dipromosikan oleh suatu perusahaan atau intansi selain itu juga, sekarang iklan juga dapat digunakan sebagai salah satu strategi baru dalam membentuk, meningkatkan bahkan memperbaiki pencitraan mengenai perusahaan atau intansi tersebut melalui barang atau jasa yang diiklankannya. Iklan terdapat banyak jenis-jenisnya ada yang ditayangkan dalam media cetak dan elektronik tetapi, sekarang ini dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin pesat dan semakin maju mendorong kemajuan juga didunia periklanan yang menghasilkan jenis iklan yang dipasang dimedia internet yang biasanya disebut iklan online.
          Pengertian iklan online sendiri adalah iklan yang dipasang diberbagai media komunikasi online yang menggunakan internet yang biasa disebut sebagai viral marketing contohnya seperti blog,websitte,buttons, intermercial, pop-up atau pop under advertising, dan chat room.
       Jenis iklan online bisa dianggap lebih efektif dan sukses untuk digunakan sebagai media promosi karena jenis iklan ini bisa mencapai pengguna internet di seluruh dunia tanpa terkecuali sekalipun dan biaya yang digunakan dalam promosi di media iklan onine bisa terbilang cukup kecil dan murah, jika dibandingkan dengan biaya untuk jenis iklan lainnya.


Berikut ini ada beberapa contoh bentuk iklan beserta analisis kelebihan dan kekurangannya, yaitu:

1. Iklan direct mail
          Direct mail sering disebut pemasaran langsung. Pemasaran langsung adalah teknik pemasaran di mana penjual mengirimkan pesan pemasaran langsung ke pembeli. Direct mail meliputi katalog atau literatur produk lainnya dengan peluang memesan, surat penjualan, dan surat penjualan dengan brosur.
contohnya (Bu**Lapak)


Analisis
Kelebihan

  • Pesan iklan ditargetkan untuk mereka yang paling mungkin membeli produk atau jasa Anda.
  • Pesan pemasaran dapat dipersonalisasi sehingga membantu meningkatkan respons positif.
  • Efektivitas kampanye dapat dengan mudah diukur.
  • Anda memiliki kontrol penuh atas penyajian pesan iklan.
  • Kampanye iklan tersembunyi dari pesaing sehingga mereka terlambat untuk bereaksi.
  • Keterlibatan aktif dapat diperoleh dari pasar sasaran.

Kekurangan

  • Beberapa orang tidak menyukai tawaran dalam bentuk surat. Terkadang mereka membuangnya tanpa membuka terlebih dahulu.
  • Sumber daya perlu dialokasikan untuk pemeliharaan daftar. Keberhasilan kampanye semaca ini tergantung pada kualitas milis.
  • Memproduksi bahan direct mail memerlukan biaya lebih karena harus menggunakan tenaga ahli – copywriter, seniman, fotografer, printer, dll.
  • Iklan ini bisa mahal, tergantung pada target pasar, kualitas daftar dan ukuran kampanye Anda.

2.Sponsorship Online
            Bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner.

Contoh : (Laza*a.**.**)


Analisis :
Kelebihan
            Sponsorship online diatas mengambil contoh laza*a.**.** iklan online ini muncul ketika pengunjung membuka website tersebut. Iklan ini menarik perhatian pengunjung karena muncul dengan ukuran yang cukup besar dan berada ditengah sebelum website terbuka secara full iklan ini muncul terlebih dahulu.

Kekurangan pada iklan ini adalah kurangnya penjelasan mengenai produk yang diiklankan.


3. Video Advertising
        Pada jenis iklan ini bentuk iklan yang ditargetkan pada content video.berbagai format tersedia , termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangan content video tertentu. Contoh Voxant dan AdSense for Video dalam Yo*T*be.

Analisisnya
Kelebihan:
        Iklan termasuk iklan yang dinamis, berbagai format tersedia pada iklan ini yang berbentuk audio visual, sehingga bisa tampil lebih menarik yang bisa ditampilkan pada sebelum dan sesudah tayangan video berlangsung bahkan bisa tampil selama tayangan video berlangsung.

Kekurangan : 
        Pengguna yang lebih fokus pada content video yang berlangsung sehingga mengabaikan isi iklan yang dipromosikan, dan kendala lainnya jika pada saat koneksi jaringan yang sedang mengalami gangguan atau tidak dalam kondisi yang baik maka iklan tersebut tidak dapat dilihat dengan sangat maksimal.


4. Twitter Advertising

        Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih.

Contoh :



Analisis :

Kelebihan : 
Dengan melihat pengguna twitter yang semakin meningkat kini twitter telah menjadi trend salah satu media bagi para pebisnis online untuk beriklan mempromosikan produk barang atau jasa yang dijualnya.

Kekurangan :
Dalam media twitter yang hanya menyediakan penulisan sebanyak 140 karakter saja, ini yang menjadi kendala pebisnis dalam mempromosikan atau menginformasikan produk barang atau jasa yang dijualnya.



5.Ad Networks
          Ad Networks adalah sebuah jaringan (Netwoks) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin.
contoh: dalam situs (Deti**ew*)


Kelebihan : 
Biaya yang dikularkan dalam pembuatan iklan ini, tidak terlalu besar, target pemasaran pasar bebas, mudah dilihat, dan sangat mudah dibaca.

Kekurangan : 
Sangat terbatasnya dan tidak ada kebebasan untuk pengiklan karena dalam pemasangan iklannya terlalu banyak aturan-aturan yang harus disepakati.


6. Luwak White Coffie

Analisis
Kelebihan :
  • Iklannya sangat menarik, minat konsumen untuk mencoba produk tersebut. Karena mengundang beberapa artis terkemuka dan juga iklan yang diperlihatkan sangat berwarna.
  • Banyak sekali varian rasa yang sekarang ini adalah tiga rasa seperti; : Luwak White Coffie Caramel, Mocca Rose, dan French Vanilla yang makin memanjakan para penikmat kopi diseluruh indonesia.
Kekurangan:
  • Tidak baik untuk kesehatan jika terlalu sering mengkonsumsi kopi.
  • Diiklan itu sendiri seperti mengklaim halal merk mereka Luwak White Coffie ini asli, sedangkan yang lain abal-abal.
  • Tidak dianjurkan untuk anak-anak, karena tidak baik untuk pertumbuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar